Jumat, 08 Juni 2012

Rumah Kita Sendiri "REMBANG"

Rembang kota kecil di ujung timur Provinsi Jawa Tengah..
sebelah utara berbatasan dengan laut jawa
sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tuban (Jawa Timur)
sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Blora
sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pati

secara Geografis letak kota Rembang sangat strategis karena berada di jalur Pantura dan mempunyai wilayah laut yang luas dan panjang garis pantai sekitar 62,5 Km (maap, aku belum pernah ngukur, percaya aja deh, kalo ga ukur aja sendiri..) . karena wilayah Kabupaten Rembang membentang di sepanjang pantai laut jawa, potensi perikanan cukup besar, terutama perikanan tangkap. banyak penduduk Rembang bekerja sebagai Nelayan. 6 kecamatan di Kabupaten Rembang berada di sepanjang garis pantai laut jawa, yaitu : Kec. Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan dan Sarang. mau tahu berapa kontribusi bidang perikanan terhadap Kas Daerah Kabupaten Rembang ? .... jangan tanya ya...aku jadi ingat kerjaan, jadi pengen hoex.....lanjut deh

selain bidang perikanan, masyarakat Kabupaten Rembang sebagian besar bekerja di lahan pertanian.... padi , sayuran, palawija dan beberapa hasil pertanian lain. sekarang lagi rame nanam tembakau .... ckckkck..oke sih, asal ga pada lupa aja buat nanem nasi ... ga asik dunk , kalo nasi diganti ma tembakau .... makan asap dunk.

Tempat Wisata

agak bingung juga kalo ngomongin tujuan wisata di Rembang. yah, let me try !!! wkwkwk

A. PANTAI
hmmmm....garis pantai Kab. Rembang sekitar 62,5 km...potensi banget kan. tapi pada kenyataannya wisata pantai belum ditangani dengan maksimal. ada satu tempat wisata yang lumayan menjadi tujuan wisata sebagian besar masyarakat Kab. Rembang dan beberapa orang dari luar kota.

1. DAMPO AWANG BEACH
Dampo Awang Beach lebih dikenal di kalangan masyarakat sebagai Taman Kartini. sudah menjadi tradisi masyarakat Rembang dan luar Rembang (khususnya dari Kabupaten Blora) datang berbondong-bondong ke Taman Kartini pada waktu hari Lebaran Idul Fitri. tepatnya seminggu setelah Idul Fitri. tujuan utamanya adalah wisata pantai. Taman Kartini sudah di kelola dengan baik oleh pihak Swasta. selain wisata pantai, juga disediakan berbagai fasilitas bermain seperti kolam renang, komedi putar, out bond, speedboat dll. ada juga yang menyediakan jasa penyeberangan menuju Pulau Marongan dan Pulau Gedhe.

lokasi wisata Taman Kartini sangat strategis karena  tepat berada di pusat kota Rembang. tepat di pinggir jalan pantura dan sekaligus sebagai tempat pemberhentian Bis-bis antar Provinsi seperti Jakarta-Semarang-Surabaya-Denpasar. jadi untuk yang luar kota cukup dengan langsung turun dari bis, tanpa melanjutkan dengan alat transportasi lainnya.

Harga Tiket Masuk lokasi : Rp. 5.000,-
parkir : Rp. 2.000,-
Tiket Kolam Renang : Rp. 5.000,- s/d Rp. 7.000,-

harga tiket masuk lokasi bukan tiket terusan, setiap menaiki wahana harus membeli tiket lagi.


2. Pantai Sluke

3. Pantai Tasik Harjo - Kaliori


4. Pantai Bonang

5. Pantai Caruban - Lasem

hari ini tanggal 10 Juni 2012 aku baru ja main dari Pantai Caruban. dari kota lasem. tepatnya jalan masuk sebelah barat SMP N 1 Lasem kearah utara, kita akan melewati jalan beraspal yang sudah rusak dan hampir tidak terlihat aspal lagi...wkwkwk...kearah utara sekitar 3 km. belum ada petunjuk arah menuju pantai ini, dan dengan usaha bertanya beberapa kali, karena memang banyak jalan bercabang dan tidak jelas mana jalan utama, akhirnya aku pun sampai di Pantai Caruban. sepanjang jalan menuju pantai ini, kita bisa melihat hamparan tambak garam dan udang, beberapa gudang garam, pemukiman, dan lahan berumput. perhatian ku sempat tersita pada sebuah bangunan yang masih dalam proses pengerjaan dengan desain sedikit unik dan dari informasi orang yang kutemui, gedung itu adalah bangunan Pondok Pesantren.

jalan masuk

pondok pesantren

tambak

sebelum sampai ke pantai, ada pos (gubug kali ya...wkwkk) tempat pemuda2 menarik karcis parkir motor. Rp. 2.000,- . sepertinya dikelola penduduk Desa Caruban. dan sampailah di Pantai Caruban. kesan pertama liat pantai ini, agak mengerutkan dahi... panjang pantai sekitar 2 km, sepanjang mata memandang, benar2 pantai dan laut ... sedikit merusak pemandangan dengan adanya warung-warung yang dibangun seadanya di tepian pantai. sekitar seratusan orang datang ke pantai ini waktu itu... aku agak sedikit kecewa karena ga seperti yang kubayangkan. ga tahu karena faktor cuaca yang mendung atau memang aku ga bisa menemukan "sesuatu" di pantai ini. terasa hambar saja .... dan tidak membuatku betah berlama-lama di pantai ini. mungkin karena cuaca ..... aku ga yakin..tapi lain waktu aku mungkin perlu datang lagi.... mencoba membuktikan bahwa "sesuatu" yang ga bisa kudapat dari pantai ini hanya karena faktor cuaca.


Warung







B. EMBUNG

1. Embung Lodan
2. Embung Panohan
3. Embung Banyu Kuwung
 Embung Banyu Kuwung terletak di Kecamatan Sulang, tepatnya di Desa Sudo. Desa Sudo berada 10 km dari pusat kota Rembang kearah selatan. akses jalan ke Embung ini cukup mudah dan bagus. dari pasar Rembang kita bisa ambil jalur ke arah Kecamatn Sumber. belum ada penunjuk jalan menuju embung ini, tapi selalu gampang memperoleh informasi dari penduduk desa. sekitar 2 km mendekati embung ini, jalanan sedikit rusak. tapi kita akan terhibur karenan pemandangan sawah dan kebun di kiri kanan jalan sangat memanjakan mata.

C. Taman Makam Pahlawan - RA. Kartini

D. Museum Kartini

E. VIHARA RATANAVANA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar