Rabu, 10 Oktober 2012

Pasujudan Sunan Bonang

10 Oktober 2012

cukup lama saya terdiam sebelum mulai menulis perjalanan saya kali ini. masih tersisa setitik kekecewaan di hati saya. hehe

hmmm....mulai saja. ini menjadi bagian rencana saya untuk melakukan perjalanan religi WALI SONGO seperti apa yang sudah saya ceritakan di "Mimpi:Waali Songo"

terlepas dengan segala perdebatan dan perbedaan pendapat tentang lokasi makam Sunan Bonang yang sebenarnya, saya memilih perjalanan ini karena memang lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal saya. Masih di dalam kota Rembang. bersama teman saya, Maya.

Sampai di depan Gerbang Masuk Pasujudan Sunan Bonang, Saya liat sampah disana-sini dan bekas keramaian yang baru saja usai. Memang hanya sedikit orang yang berlalu lalang disekitar lokasi, tapi masih terlihat bekas-bekas acara besar baru dihelat disini. Terlihat juga satu Truk Polisi dan Awaknya masih terparkir di halaman depan. Saya dan Maya tidak langsung naik ke Pasujudan Sunan Bonang. Saya sempat melirik penunjuka arah sederhana menuju Makan Sunan Bonang. Dari situ saya tahu arah dan jarak ke makam 300 meter. melalui Jalan Kecil yang mungkin ga cukup untuk mobil, tapi cukup untuk Motor dua arah, dan kondisi jalan sudah bagus berupa cor beton, saya langsung meluncur ke lokasi. Sebelah kiri jalan, pemakaman umum dan sebelah kanan berupa pemukiman. Mengikuti penunjuk arah sangat memudahkan mencapai lokasi makam.

Tidak jauh berbeda dengan Makam-makam orang alim lainnya, berupa beberapa bangunan kecil yang disatukan dengan pagar dinding tinggi. Masuk Gerbang Makam, beberapa ibu2 sedang menyapu. semakin tampak jelas bahwa baru saja ada acara besar disini. Benar saja, seorang bapak-bapak tiba-tiba menyambut saya dengan pertanyaan (yang sudah saya terjemahkan ke bahasa Indonesia), "kok ketinggalan mba?", saya: "oh..tidak pak, saya tidak ketinggalan, saya memang baru datang". Dia bilang acara sudah selesai, dan dari dia saya tahu bahwa ini adalah Hari Rabu Legi, dan disini setiap bulan Selo (Dulkangidah) Hari Rabu Pahing sebagai acara haul Sunan Bonang. hmmmmm...benar juga kalo dibilang saya ketinggalan.. harusnya tadi ada moment bagus untuk saya Hunting Foto sekaligus mengenal budaya disini.... wkwkwkk. saya baru paham apa yang dimaksud Bapak itu setelah sampai rumah dan baca di blog ini http://mengenalrembang.blogspot.com/2011/05/pasujudan-sunan-bonang.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar